Jakarta – Arti nama Toyota Kijang rupanya belum banyak diketahui orang. Tidak heran, berita mengenai arti nama Toyota Kijang menjadi yang terpopuler sepanjang November 2022.
Toyota Kijang merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia. Sudah puluhan tahun menghiasi pasar otomotif Indonesia, Kijang masih tetap eksis bahkan sanggup bersaing dengan para rivalnya. Tapi sudah tahu belum kalau nama Kijang di MPV Toyota itu bukanlah hewan? Nama Kijang sesungguhnya akronim dari Kerja sama Indonesia-Jepang.
“Nama ‘Kijang’ merupakan singkatan dari frasa ‘Kerja sama Indonesia-Jepang. Toyota Kijang lahir karena pemerintah Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto mengeluarkan Program ‘Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna’ (KNBS) pada awal 1970,” begitu penjelasan di laman Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia seperti dikutip dari detikOto.

Dalam laman resmi Toyota Global, ada empat nilai yang menjadi fokus dalam pengembangan Kijang. Pertama adalah berkontribusi dalam pengembangan sosio-ekonomi Indonesia. Kedua adalah membuka lapangan kerja dengan perakitan lokal dan juga meningkatkan penggunaan komponen lokal sekaligus menaikkan taraf teknologi industri Tanah Air.
Kijang juga dihadirkan untuk menghadirkan alat transportasi yang terjangkau dan fungsional sekaligus multifungsi. Dengan begitu, Kijang bisa menyasar konsumen yang lebih luas.
Toyota Kijang pertama kali ditargetkan bisa terjual 200 unit setiap bulannya. Namun kini penjualan Kijang bisa mencapai ribuan unit setiap bulan seiring dengan transformasi yang disajikan. Saat pertama kali mengaspal Kijang dibanderol dengan harga Rp 1,3 juta.
Dalam perkembangannya, Toyota Kijang memang sudah mengalami sejumlah transformasi dari kendaraan komersial menjadi kendaraan keluarga, dengan konsep Multi Purpose Vehicle atau MPV. Nama Toyota Kijang pun mendapatkan tambahan nama ‘Innova’ sejak 2004.
Merunut sejarahnya, Toyota Kijang Innova sudah hadir di Indonesia sebanyak enam generasi dengan berbagai sebutan publik. Itu mulai dari Kijang ‘Buaya’ (1977-1981), Kijang ‘Doyok’ (1981-1986), Kijang Super (1986-1996), Kijang ‘Kapsul’ (1986-2004), lalu Kijang Innova (2004-2015), hingga Kijang Innova Reborn (2015-sekarang). Terbaru, Toyota menghadirkan Kijang Innova Zenix dengan opsi mesin bensin dan juga hybrid.(*/ras)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: