Presiden Jokowi buka KTT ASEAN Labuan Bajo

Labuan Bajo, swaratimor.co.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rabu (10/5/2023) membuka secara resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Hotel Meruorah Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NusaTenggara Timur. Upacara Pembukaan KTT ASEAN tersebut dihadiri oleh para pemimpin negara dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam. Sementara itu dari negara Timor Leste diwakili oleh Perdana Menteri. Untuk Thailand sendiri dihadiri oleh Deputi Perdana Menteri dan Myanmar mendelegasikan non political level dikarenakan konflik yang masih melanda negara tersebut.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laskodat yang ditemui di Labuan Bajo, mengungkapkan apresiasi dan rasa bangganya terhadap Presiden Joko Widodo yang telah memilih Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42.

“Hari ini sejarah secara resmi terukir di bumi Flobamorata, NTT khususnya di Kota Labuan Bajo. Untuk pertama kalinya sejak berdirinya negara Indonesia ini, NTT mendapat kehormatan yang sangat luar biasa dengan menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42. Terima kasih berlimpah untuk Bapak Presiden Jokowi Widodo. Kami yakin setelah penyelenggaraan perhelatan tingkat tinggi internasional ini, Labuan Bajo khususnya dan NTT umumnya akan semakin mendunia. Selamat melaksanakan KTT,masyarakat NTT mendukung penuh kegiatan ini. Kami percaya dari Labuan Bajo, para pemimpin negara ASEAN akan melahirkan berbagai   kebijakan strategis untuk kepentingan kawasan ini. Masyarakat NTT bangga dan mendukung penuh kegiatan ini,” kata VBL seperti dikutip dari Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT.

Pembukaan KTT ASEAN Labuan Bajo. (Foto: Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT)

Sementara Presiden Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan, persatuan ASEAN harus terus diperkuat untuk dapat mengambil peran dalam perdamaian serta juga pertumbuhan ekonomi.

“Saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, ASEAN harus jadi motor perdamaian dan pertumbuhan ekonomi. Kuncinya yaitu Persatuan. Sehingga kita menjadi pemain sentral dalam perdamaian dan pertumbuhan ekonomi global,” ungkap Jokowi seperti disiarkan Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT.

“Kita punya aset kuat sebagai epicentrum of growth. Ekonomi kita tumbuh jauh diatas rata-rata, bonus demografi dan kestabilan kawasan. ASEAN harus perkuat integrasi ekonomi dan mempererat kerja sama inklusi dengan implementasi aset, dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi dan stabilitas keuangan,” jelas Presiden Jokowi.

“Mari jalin relasi dan kerja keras dan jadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth agar ASEAN dapat dipandang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dengan merepresentasikan kemajuan atau progres di segala bidang,” kata Jokowi.

Sementara itu, Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi sebagai Ketua KTT ASEAN 2023 yang mengundang kehadiran Timor Leste dalam KTT ASEAN 2023.

“Terima kasih Presiden RI Joko Widodo sebagai Ketua KTT ASEAN 2023 yang telah mengundang dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk hadir pertama kali dalam KTT ASEAN dan tentunya ini merupakan bab baru dari sejarah negara kami,” ujar PM Taur.

Menurut Taur Matan Ruak, KTT ASEAN 2023 merupakan  bagian dari tujuan aspirasi negaranya untuk diterima dalam keluarga besar ASEAN.  Timor Leste siap memenuhi semua kewajiban untuk menjadi anggota resmi ASEAN.

“Kami terus membangun infrastruktur di antaranya pengembangan Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, fasilitas perdagangan juga kerja sama maritim lainnya. Juga menjalin komunikasi internasional yang baik sesuai acuan aturan dan norma internasional dalam mendukung komitmen kami menjadi anggota dan mendukung tujuan ASEAN,” ungkapnya.(*/epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: