Oelamasi, swaratimor.co.id – Fasilitas air minum kesehatan program kerja Waha Mitra Indonesia (WMI) di Oelkuku Desa Kuimasi Kecamatan Fatuleu, Selasa (13/5-2023) diresmikan Bupati Kupang, Korinus Masneno. Fasilitas ini sudah memenuhi standar WHO sehingga air yang dialirkan dapat langsung diminum.
Bupati Kupang, Korinus Masneno mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan Waha Mitra Indonesia sehingga fasilitas air ini bisa diresmikan dan tentunya dapat dimanfaatkan masyarakat. Orang Nomor Satu di Kabupaten Kupang ini berharap kehadiran fasilitas air di desa ini akan memenuhi kebutuhan air masyarakat dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan rumah tangga bahkan kebutuhan pertanian, perkebunan dan peternakan.
“Selamat atas diresmikan fasilitas air ini. Mari kita manfaatkan, rawat dan jaga dengan baik sehingga fasilitas ini bisa tetap berfungsi dengan baik, bukan hanya saat ini tetapi juga hingga diwaktu-waktu mendatang,” pesan Masneno.
Menurut Masneno, pemenuhan kebutuhan air merupakan hal penting yang diperjuangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang dibawah kepemimpinan dirinya. Saat ini jelasnya, Pemerintah sudah membuat banyak sumur bor di masyarakat yang diharapkan dapat bermanfaat dalam mendukung aktifitas pertanian, perkebunan dan peternakan masyarakat.
Sesuai RPJMD, lanjut Masneno, dirinya menargetkan bisa membangun 1000 sumur bor dan hingga saat ini sudah mencapai 80 % lebih yang dibuat. Namun dukungan dan kolaborasi dengan semua pihak tetap menjadi hal penting dilakukan. Kehadiran WMI sendiri, katanya, menjadi berkat bagi masyarakat karena karyanya sudah dirasakan oleh masyarakat dan sampai saat ini masih memberikan kontribusi bagi kehidupan masyarakat di Kabupaten Kupang khususnya di Desa Kuimasi. “Waha Mitra Indonesia (WMI) telah menjadi berkat bagi masyarakat Kabupaten Kupang dan memberikan dukungan melalui program Air Minum Kesehatan dimana salah satunya di Desa Oenoni 2 Kecamatan Amarasi yang diresmikan oleh bapak Gubernur NTT tahun lalu,” ungkap Masneno.


Efendy Hutagaol selaku Manajer Waha Mitra Indonesia dalam sambutannya, menyatakan Waha Mitra Indonesia mempunyai semangat untuk membangun dan menjadi berkat bagi masyarakat lewat program air minum kesehatan. Dia menjelaskan, Kabupaten Kupang merupakan salah satu daerah yang pelaksanaan program ini sudah berjalan baik dan telah dibangun di 13 titik termasuk Desa Kuimasi saat ini. Setelah dibangun, WMI tetap akan melakukan pendampingan, pengontrolan dan berharap fasilitas yang ada seperti bak penampung, mesin pompa hingga jaringan air tetap dapat terpelihara dengan baik. komite pemanfaatan air yang dibentuk di Desapun diharapkan dapat menghimpun dana masyarakat dan dapat dipakai untuk kebutuhan perawatan dan pemeliharaan.
“Kami berani menjamin air ini layak dan memenuhi unsur kesehatan karena sudah memenuhi standar WHO sehingga air yang dialirkan dapat langsung diminum,” jelas Efendy.
Sementara Kades Kuimasi, Maksen Lifu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kupang yang telah memberikan dukungan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Dikatakannya, kehadiran WMI telah memberikan berkat sehingga penyediaan fasilitas air ini bisa berjalan dan diresmikan hari ini. Selain untuk kebutuhan pribadi, air ini juga dapat digunakan untuk mendukung program Pemerintah lewat Revolusi 5 P di Desa Kuimasi.
“Atas nama masyarakat Desa kami ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Bupati dan Jajaran Waha Mitra Indonesia atas pelaksanaan program ini,” ungkap Maksen.
Turut hadir bersama pada kesempatan tersebut Manajer Waha Mitra Indonesia Efendy Hutagaol, Anggota DPRD Kabupaten Kupang Habel Mbate, Yakobertus Seran, Arnolus Mooy, Kadis Perumahan Joni Nomseo, Kadis Sosial Yohanis Masneno, Camat Fatuleu Hendra Mooy, Kades Kuimasi Maksen Lifu.(epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: