Oelamasi, swaratimor.co.id – Sebanyak 45 unit rumah milik masyarakat Desa Sumlili Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang berhasil di rehabilitasi atau diperbaiki Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui miniatur program binter unggulan TNI Angkatan Darat.

Rumah yang telah diperbaiki ini telah diresmikan Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc, Jumat (13/10/2023).

Acara peresmian ini turut dihadiri Bupati Kupang, Korinus Masneno, Asisten 2 Sekda Provinsi NTT, Ganef Wurgianto, Danrem 161/Wirasakti Kupang Kolonel Febriel Buyung Sikumbang, Dandim 1604/ Kupang Letkol Inf.Wiwit Jalu Wibowo, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kupang, Charles Panie, Kades Sumlili Yusael Ndun, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pelajar.

Mayjen TNI Harfendi dalam sambutannya saat acara peresmian rumah layak huni tersebut menyatakan, komitmen Kodam IX/Udayana yang hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya, senantiasa menjadi solusi. Serta melakukan tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD yang di implementasikan sebagai Miniatur Program Binter Unggulan TNI AD yang diwujudkan dalam tujuh program unggulan, salah satunya ialah rehabilitasi rumah tidak layak huni.

“Sasaran 45 unit rumah yang di rehabilitasi, untuk memastikan agar masyarakat di wilayah ini bisa memiliki hunian yang memenuhi standar kelayakan dan kesehatan,” katanya.

Selain program rehabilitasi rumah, enam program lain yang disebutkan Harfendi diantaranya program TNI AD Manunggal Air, dimana program ini merupakan upaya penyediaan air bersih dengan membuat pompa hidram. Selanjutnya program ketahanan pangan, penanganan stunting dan kesehatan, Babinsa Masuk Dapur, Kampung Pancasila, program aplikasi E – Praja Raksasa, aplikasi ini dapat di unduh oleh masyarakat di seluruh wilayah provinsi Bali-Nusra sebagai sarana menyampaikan keluhan, saran atau informasi permintaan bantuan dan juga dimanfaatkan oleh Babinsa untuk mengunggah (upload) seluruh kegiatan Binter.

Sementara Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Pangdam IX/Udayana ke Kabupaten Kupang, dan berterima kasih kepada Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/Wirasakti Kupang, Dandim 1604/Kupang dan seluruh jajaran yang sudah memperhatikan masyarakat Kabupaten Kupang melalui renovasi atau rehabilitasi rumah-rumah tidak layak huni dan penanganan stunting berupa pemberian sembako dan makanan tambahan bagi balita.

“Program Miniatur Binter Unggulan TNI AD menjadi bukti konkret terwujudnya kolaborasi, sinergitas dan intervensi positif kepada kami di daerah imi. Program ini juga pada akhirnya akan semakin mendekatkan masyarakat dan Pemkab Kupang dengan TNI AD. Masyarakat yang menerima bantuan ini, harus bersyukur, karena program ini sesuatu yang luar biasa, dimana rumah-rumah ini di rehab jauh lebih baik dan lebih layak untuk di huni,”jelas Masneno. (epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: