Oelamasi, swaratimor.co.id – Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kebakaran Kabupaten Kupang, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Linmas bagi Aparatur Kecamatan, Desa dan Kelurahan Lingkup Pemkab Kupang, Selasa (15/11/2022) di aula kantor Sat Pol PP dan Kebakaran Kabupaten Kupang.

Plt.Sekda Kabupaten Kupang, Novita Foenay dalam sambutannya sebelum membuka Bimtek, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang relevan dengan kebijakan Pemerintah dalam upaya meningkatkan perlindungan masyarakat dari berbagai gangguan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan tentunya untuk mensupport upaya pertahanan negara.

Menurut Novita, sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung baik darat, laut dan udara dengan negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) maupun Australia, Kabupaten Kupang secara geopolitik sangat rawan terhadap berbagai ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat serta potensi ancaman pertahanan negara. Atas dasar pemikiran tersebut pemerintah menganggap penting dibentuknya Satgas Linmas di Kabupaten Kupang.

“Pemerintah Kabupaten Kupang selalu fokus untuk meningkatkan peran Linmas dalam mewujudkan tugas dan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Mendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat,” kata Novita.

Lebih jauh Novita menjelaskan pentingnya penegakan disiplin aparatur Sipil Negara (ASN). Karena itu, ia mengharapkan diplin ASN tidak hanya berlaku di civic center saja, tapi juga berlaku di Kecamatan.

Dalam pelaksanaan tugas Sat Pol PP Kabupaten Kupang, Novita berharap agar loyal dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

“Sat Pol PP yang diberi tugas melakukan penjagaan di beberapa titik atau lokasi, laksanakanlah tugas secara baik. Seperti di pos penjagaan Kantor Bupati, lalu di tiga titik tempat tunggu kendaraan para pegawai Kabupaten Kupang yang hendak ke kantor. Jangan sampai Pol PP tidak ada di lokasi tersebut,”tandasnya.

Bimtek ini diikuti 30 peserta, baik dari Linmas kecamatan, desa maupun kelurahan. Sementara instrukturnya berasal dari Polres Kupang, BMKG, dan Basarnas Cabang Kupang. Kegiatan ini turut dihadiri Perwira Penghubung Kodim 1604 Kupang, P. Napitupulu dan undangan lainnya.(epo)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: