Oelamasi, swaratimor.co.id – Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe meminta dukungan wanita usia subur di wilayah yang dipimpinnya bersama Bupati Korinus Masneno untuk menyukseskan program Pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting.

Permintaan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe ini disampaikan pada acara penyerahan bantuan female kits di Puskesmas Naibonat, Senin, (19/9/2022).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Angka stunting di Kabupaten Kupang sendiri saat ini diperkirakan sebesar 24 persen dari target 14 persen tahun 2024 yang dicanangkan Presiden Jokowi.  

Menurut Jerry, kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan kegiatan yang baik sehingga dirinya memberikan apresiasi kepada Thilda Christine dari Yayasan Kerti Praja dan Elfrid Saneh dari CIS Timor yang telah menyalurkan bantuan ini yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat khususnya para ibu di Kecamatan Kupang Timur, khususnya bagi wanita usia subur di Kelurahan Naibonat dan Desa sekitar.

SERAHKAN BANTUAN – Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat menyerahkan female kits. (Foto: Prokopim Kab Kupang)

Thilda Christine dari Yayasan Kerti Praja dalam laporannya menjelaskan, Yayasan Kerti Praja (YKP) merupakan sebuah lembaga yang bergerak pada isu kesehatan reproduksi dan kebencananaan yang berbasis di Bali.

Sejak tahun 2019, kata Thilda, YKP menjadi salah satu mitra pelaksana kerjasama UNFPA atau United Nations Population Fund dan Pemerintah Indonesia pada bidang kesehatan reproduksi, kesehatan remaja dan perlindungan perempuan dari kekerasan khususnya pada saat bencana. “Kerjasama ini berada dibawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Female Kits ini akan didistribusikan pada 100 wanita usia subur di Kelurahan Naibonat, Desa Manusak, Desa Pukdale, Desa Nunkurus dan Desa Oelatimo Kabupaten Kupang yang merupakan wilayah kerja dari Puskesmas Naibonat. Selain itu juga ada 200 paket yang sama sudah terbagi di desa Maatoulun kabupaten Malaka pada Jumat 16 September 2022. Desa ini juga merupakan desa rawan bencana banjir,” kata Thilda seperti dilansir Bagian Prokopim Kabupaten Kupang.

Thilda mengatakan, beberapa barang yang ada pada isian female kits disesuaikan dengan kategori penerima manfaat yaitu berupa hygiene kits dan nutrisi kits

“Dalam pendistribusian female kits ini YKP berkoordinasi dengan CIS Timor selaku LSM yang terus bersama masyarakat di Kabupaten Kupang dan selain berdomisili di Provinsi NTT juga sangat konsen dengan issue kebencanaan dan pemberdayaan,” kata Thilda lagi.

Dalam kegiatan ini Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menyerahkan Female Kits kepada 10 wanita perwakilan dari wilayah Puskesmas Naibonat. Kegiatan penyerahan bantuan ini ditutup dengan penyuluhan tentang kekerasan perempuan dan anak dalam rumah tangga oleh Perwakilan Yayasan Kerti Praja dan penyerahan Female Kits kepada 90 orang penerima lainnya.(epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: