Oelamasi, swaratimor.co.id – Program Binter TNI Angkatan Darat di Kabupaten Kupang sangat menyentuh kebutuhan primer atau kebutuhan pokok masyarakat Kabupaten Kupang karena pendapatan masyarakat yang terbatas.

Hal ini diungkapkan Bupati Kupang, Korinus Masneno usai mengikuti upacara pembukaan miniatur program binter unggulan TNI Angkatan Darat di wilayah Korem 161/ Wira Sakti, di Lapangan Desa Sumlili Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Selasa (7/3/2023).

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih kepada Komandan Korem 161/ Wira Sakti, Febriel Buyung Sikumbang yang dengan mata tajamnya telah melihat daerah yang mengalami kesulitan, melalui program miniatur unggulan untuk Desa Sumlili,” kata Masneno.

“Terima kasih ini tentu beralasan sebab banyak masyarakat kita yang dilihat dari segi income perkapita dan penyediaan rumah layak huni masih sangat terbatas. Program ini sungguh menyentuh kebutuhan primer dari masyarakat,” sambung Masneno.

Mantan Wakil Bupati Kupang ini lebih jauh mengatakan, bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Kupang terhadap program-program TNI, baik itu melalui penanganan stunting maupun peningkatan sumur bor di wilayah Kabupaten Kupang telah terjalin cukup lama semenjak kepemimpinan dirinya sebagai Bupati Kupang.

Dikatakan, setiap tahunnya Pemkab Kupang menyiapkan dana untuk bangun desa setiap kecamatan untuk TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Sementara untuk penanganan stunting di Kabupaten Kupang telah ditetapkan pola “bapa asuh” bagi anak-anak stunting.

“Satu anak stunting ada bapa asuhnya. Dan pembagiannya untuk Dandim 1604/Kupang, pos pelayanannya khusus di Kecamatan Kupang Barat dan Kapolres Kupang di Kecamatan Kupang Timur,” ungkap Masneno.

Masneno meyakini jika desa Sumlili dibina secara khusus, maka suatu ketika desa ini akan menjadi miniatur binaan TNI sebagai contoh bagi model pembangunan di desa-desa lain di Kabupaten Kupang.

Sementara Komandan Korem 161/Wira Sakti, Febriel Buyung Sikumbang, menyebut program binter unggulan TNI AD di wilayah Korem 161/ Wirasakti satuan Kodim 1604/Kupang kali ini untuk sasaran fisiknya, berupa pembangunan rumah layak huni sebanyak 45 unit dan sasaran non fisik yaitu penyuluhan kepada masyarakat mengenai penanganan stunting, TNI Manunggal Air, Kampung Pancasila, Ketahanan Pangan serta pengembangan kelor.

Ia mengajak seluruh komponen Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang senantiasa meningkatkan kekompakan dan sinergitas guna mendukung kelancaran dan optimalnya pelaksanaan miniatur program binter unggulan TNI AD untuk membangun kehidupan masyarakat NTT khususnya Kabupaten Kupang yang lebih baik, aman, damai, sejahtera, dan bebas stunting.

“Pembukaan miniatur program binter unggulan TNI Angkatan Darat ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat untuk mewujudkan secara nyata kehadiran TNI Angkatan Darat di tengah-tengah rakyat guna membantu mengatasi dan meringankan berbagai kesulitan masyarakat,” kata Danrem.

“Saya atas nama Komando dan pribadi mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Sumlili, khususnya yang mendapat dukungan bantuan dari pelaksanaan program ini, semoga bermanfaat meningkatkan kesejahteraan,”sambungnya.

Pembukaan miniatur program binter unggulan TNI Angkatan Darat ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni oleh Komandan Korem 161/Wirasakti, Febriel Buyung Sikumbang, Bupati Korinus Masneno, Kapolres Kupang AKBP FX. Irwan Arianto, Kajari Kabupaten Kupang, Muhamad Ilham, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Erianto Siagian, Dandim 1604/Kupang, Letkol Inf.Wiwid Jalu Wibowo,

Turut hadir masyarakat penerima bantuan, dan pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Kadis PUPR Kabupaten Kupang, Teldi Sanam, Kadis Pertanian Kabupaten Kupang, Amin Juariah, Camat Kupang Barat dan Kepala Desa Sumlili.(epo)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: