Oelamasi, swaratimor.co.id – Dua unit gedung baru di Pasar Lili Kelurahan Camplong I Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang siap dimanfaatkan masyarakat untuk aktifitas jual beli pasca Bupati Kupang, Korinus Masneno, Jumat (2/6/2023) melaunching pemanfaatan pasar Lili tahun anggaran 2018 dan 2022 dan meresmikan gedung pasar Lili tahun anggaran 2022.  yang terletak di Kelurahan Camplong 1 Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, Jumat (2/6/2023).

Dalam sambutannya Bupati Kupang, Korinus Masneno, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang telah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang dalam membangun pasar Lili ini.

Kabupaten Kupang, jelas Masneno, memiliki potensi ekonomi yang cukup besar berupa ketersediaan lahan, keterampilan petani menanam dan berkebun, kaya akan ternak, hasil tani, dan memiliki potensi hasil laut yang baik. Semua yang diperoleh itu merupakan berkat Tuhan dan patut disyukuri dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ia berbangga, dengan selesai dibangunnya gedung pasar khusus sayuran dan buah-buahan ini, sudah langsung ada aktifitas ekonomi disana. Untuk itu ia berpesan agar masyarakat, baik pedagang maupun pembeli dapat selalu menjaga kebersihan pasar untuk menciptakan kenyamanan, sehingga dapat meningkatkan antusias pembeli untuk berbelanja di pasar tradisional ini. “Jadilah tuan rumah pedagang yang baik di negerinya sendiri. Sesuatu itu dapat terlihat baik jika dimulai dari diri sendiri. Penataan pasar itu penting. Saya berterima kasih dan mohon dukungan masyarakat sekitar lingkungan pasar dalam menjaga, merawat termasuk mengelola pasar, agar terlihat bersih dan nyaman,” pesannya.

Ditambahkan Masneno, Pasar tradisional yang  di desain dengan konsep modern ini diharapkan dapat menjadi rujukan atau pilihan utama bagi masyarakat yang akan membeli atau memenuhi kebutuhannya. Karena itu, dia berharap pasar Lili menjadi pasar yang nyaman dan aman di datangi masyarakat. Pasar yang bersih dan rapi bahkan penataan parkiran ditata secara baik.

Sementara dalam laporan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kupang, Khristian Koroh, menyebutkan besar anggaran yang digunakan untuk pembangunan pasar Lili TA.2022 yakni sebesar Rp2.689.184.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tugas Pembantuan  Kementerian Perdagangan RI TA.2022.

Dan sesuai komitmen bersama Kementerian Perdagangan RI, lanjut Kris, maka pasar Lili akan terus ditingkatkan menjadi pasar modern dengan transaksi digital mengikuti perkembangan teknologi yang ada dan peningkatan sumber daya  pedagang menjadi salah satu perhatian untuk ditingkatkan kemampuannya.

Diakhir acara Bupati Kupang, Korinus Masneno meninjau aktifitas pedagang sekaligus berbelanja kebutuhan sayur dan buah dalam gedung baru pasar tersebut.(epo)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: