Oelamasi, swaratimor.co.id – Untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Kupang maka diperlukan upaya percepatan lintas program dan lintas sektor.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat membuka rapat koordinasi tim percepatan penurunan stunting (rakor TPPS) tingkat Kabupaten Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) terkait penanganan stunting yang dilaksanakan di kantor Bupati Kupang, Jumat, (13/10/2023).

“Perpres No. 72 tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting mengamanatkan penyelenggaraan percepatan penurunan stunting dengan kelompok sasaran meliputi remaja, calon pengantin (usia subur), ibu hamil, ibu menyusui, anak berusia 0-59 bulan. Untuk mencapai target penurunan prevalensi stunting diperlukan upaya percepatan lintas program dan lintas sector,” kata Jerry.

Rakor TPPS tingkat Kabupaten Kupang

Dia menjelaskan, perlu dilakukan upaya meningkatkan konvergensi perencanaan dan penganggaran percepatan penurunan stunting tingkat provinsi hingga tingkat desa dan bersama pemangku kepentingan yang berkesinambungan. Kemudian melakukan penguatan kelembagaan, menyatukan program-program untuk penurunan stunting di Kabupaten Kupang dan menguatkan koordinasi dan sosialisasi serta kolaborasi multi pihak dan lintas sektor.

“Peraturan Presiden Perpres No. 72 tahun 2021 merupakan payung hukum bagi Strategi Nasional (STRANAS) Percepatan Penurunan Stunting yang telah diluncurkan dan dilaksanakan sejak Tahun 2018 dengan  lima pilar strategi nasional percepatan penurunan stunting diantaranya Komitmen dan visi kepemimpinan, Kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa, Gizi dan ketahanan pangan dan Penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi,” jelas Jerry.

Jerry berharap, melalui rakor TPPS tingkat Kabupaten Kupang dan sosialisasi Peraturan Bupati terkait Penanganan Stunting ini, maka segala upaya perencanaan, pemantauan dan evaluasi sekaligus penguatan koordinasi lintas sektor. Terimakasih kepada seluruh pihak terkait yang sudah bekerja sama demi menurunkan angka stunting di Kabupaten Kupang,” ungkap Jerry yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini. (epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: