Bupati Kupang, Korinus Masneno pose bersama peserta rapat konsultasi TP PKK. (Ist)

Kupang, swaratimor.co.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang menggelar rapat konsultasi di aula rumah jabatan Bupati Kupang di Kota Kupang, Selasa, 13/12/2023.

Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan salah satu tujuan rapat konsultasi  ini adalah mengevaluasi capaian program kerja tahun 2023.

“Rapat konsultasi yang dilaksanakan hari ini selain bertujuan untuk mengevaluasi capaian program kerja tahun 2023, juga merancang dan menyusun program kerja  tahun anggaran 2024 sesuai hasil Rankernas IX tahun 2021 serta sinkronisasi program kerja yang sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan tim PKK Kabupaen Kupang dan tim PKK Kecamatan sesuai dengan 10 program pokok PKK,” kata Masneno di Kupang.

Menurut Masneno, rapat ini juga merupakan sebuah momentum untuk memberikan bimbingan, pembinaan, serta memfasilitasi tim penggerak PKK Kecamatan agar dapat bersinergi dalam mengelola program dan kegiatan secara terarah dan terpadu demi mewujudkan kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera.

“Perlu ada kesadaran dan keyakinan yang tinggi bahwa selain sebagai organisasi, PKK juga merupakan bagian dari sistem kehidupan sosial kemasyarakatan yang eksistensi, konsisten dan kelestariannya perlu dijaga, dibina dan ditumbuhkembangkan, sehingga gairah masyarakat terutama kaum perempuan dalam mengamalkan 10 program pokok PKK pada kehidupan keluarga dan masyarakat dapat ditingkatkan,” ucap Masneno.

Masneno berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga terjalin harmonisasi dan persepsi yang sama dalam meningkatkan dan memajukan peran PKK dalam pembangunan daerah.

Sementara Ketua Pelaksana Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang, Rutchekh Laha-Dethan, dalam laporannya mengatakan, melalui tema gerakan PKK siap mendukung program Pemerintah dalam upaya menurunkan stunting dan meningkatkan pendidikan dasar untuk mencapai keluarga sejahtera, rapat konsultasi TP PKK merupakan rapat tahunan yang dilaksanakan untuk menjadi tolok ukur dalam pelaksanaan program kerja serta mengevaluasi program yang telah dilaksanakan maka untuk itu diperlukan adanya kesamaan pemahaman, persepsi dan komitmen antara TP PKK Kabupaten Kupang dan TP PKK Kecamatan.

Menurut Rutchekh, tujuan dari rakon ini yakni selain mewujudkan gerakan PKK yang berkualitas dan profesional, juga untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan 10 program pokok PKK dan meningkatkan kerjasama kemitraan dengan lembaga terkait.

“Hasil yang diharapkan, tersosialisanya kesepakatan rekomendasi hasil rapat kerja nasional IX tahun 2021 dan tersusunnya program kerja PKK Kabupaten Kupang tahun 2024,” kata Rutchekh.

Hadir dalam rapat konsultasi ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang Ny. Damaris Masneno-Mooy, para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kab. Kupang, perwakilan Kepala BKKBN Pusat, para Camat se-Kabupaten Kupang serta seluruh ketua dan anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Kupang.(epo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: